Subscribe:

Labels

enjoy!! :)

Labels

Labels

Labels

Labels

Labels

Jumat, 01 Juli 2011

ini nih jembatan terpanjang didunia, let's see!!

Cina. 
Ketika mendengar nama negara ini, pasti yang terlintas dalam benak adalah mengenai banyaknya produk barang-barang mulai dari mainan anak, makanan, hingga alat elektronik. Cina memang patut berbangga dalam produktivitas bangsanya. 
Selain banyaknya produk Cina yang bertebaran di sekitar kita, yang khas dari Cina adalah tembok besarnya yang panjang, bahkan kini Guinness World Records mengatakan Cina adalah pemegang rekor jembatan terpanjang didunia. Cina Jiaozhou Bay Bridge adalah jembatan sepanjang 26 mil atau 42 km, menghubungkan Cina Timur, kota pelabuhan Qiangdao dengan pulau Huangdao. 

Jembatan ini didukung dengan 5000 pilar, dan dibangun dalam waktu empat tahun. Wow!


Pemerintah Cina mengatakan bahwa pembangunan jembatan ini juga untuk meningkatkan pengembangan zona industri di Huangdao dan untuk memfasilitasi munculnya perdagangan luar negeri dengan peningkatan kapasitas penanganan pelabuhan.

Jembatan ini akan memperpendek rute antara Huangdao Qiangdao sebesar 30 km, memotong waktu perjalanan dari 40 menit menjadi sekitar 20 menit. Menurut Stasiun Televisi CCTV, jembatan yang memiliki lebar 35 meter ini dibangun menghabiskan biaya lebih dari 10 miliar yuan atau sekira Rp13,2 triliun (Rp1,328 per yuan). 

Hmm, bagaimana dengan Indonesia? Indonesia tentu saja punya jembatan Suramadu, menghubungkan antara kota Surabaya dengan pulau Madura.


Indonesia tidak kalah hebat tentunya. Indonesia jayaa!!

0 komentar:

Posting Komentar